Senin, 16 September 2013

Ngungkit-ngungkit

Beberapa bulan lalu, gw dapet kesempatan buat nonton (gratis) sebuah film yang berjudul Laura&Marsha, film Indonesia yang kayaknya cuma sebentar banget tayang di bioskop--at least ngga lebih lama dari tayangnya film Pokun (Pocong Kuntilanak) di bioskop. Karena nonton gratis, yang diadakan oleh salah satu majalah anak muda ternama di Indonesia, tentu saja kegiatannya diselenggarakan pagi banget (jam 09:00) dan di akhir film akan diselingin dengan diskusi dan kuis seputar "Sebutkan salah satu rubrik di majalah kami" atau "Sebutkan salah satu artis yang pernah menjadi cover majalah kita!" Like, meneketehe? Tapi ada aja lho (ABG) yang bisa jawab. Tadinya gw mau jawab rubrik Ekonomi atau Mobil Dijual aja, tapi kayaknya ngga mungkin mengingat yang ditanyakan adalah majalah remaja. Ahyasudahlah.

Tapi yang mau gw bahas di sini bukan soal itu. Film Laura&Marsha bercerita tentang dua orang gadis yang melakukan perjalanan ke Eropa. Gadis yang satu tipenya cewe banget, yang satu kelewat tomboy--sampe gw kira di akhir film kedua gadis itu akan menikah di Belanda. Di puncak dramanya, mereka bertengkar hebat walau akhirnya baikan juga. Di akhir baikan, cewe yang satu bilang (gw lupa nama artisnya siapa), "Maafin gw ya, udah ngomong kasar kemaren" dan kemudian dibales sama si satunya "Yaudahlah, kan udah lewat. Ngapain dibahas lagi?"

"Yaudahlah, kan udah lewat. Ngapain dibahas lagi?" Jujur, di bagian itu gw agak tersentak karena gw selama ini adalah orang yang suka memperpanjang kasus. Rasanya enak aja bisa bikin hidup orang lain jadi ngga gampang-gampang amat.

Pulpen gw ilang nih. Lo yang minjem kan? Ngaku!
Iya, sorry gw lupa bilang...
Alah alesan! Kemaren lo minjem sisir gw juga ngga bilang-bilang!
Gw udah bilang ke temen lo kok kalo gw mau minjem sisir...
Kenapa ngga bilang ke gw? Minggu lalu lo minjem cermin gw juga ngga pake ijin!
Sorry, kirain gw ngga masalah.
Bulan lalu, lo matahin pinsil alis punya nyokap gw (<-- ngga mau ngaku kalo punya sendiri) juga ngga merasa bersalah!
Iya, sorry...
Tahun lalu, lo juga...

Oke baiklah. Kita hentikan contoh kasus yang berasal dari pengalaman hidup gw dan beralih ke ngomongin orang lain aja karena ngomongin orang lain itu lebih enak, lebih lepas, dan ngga dosa. *sumber:dirahasiakan*

Yaudahlah, kan udah lewat. Ngapain dibahas lagi?
April lalu, kita dikejutkan dengan meninggalnya salah satu ustad ternama Indonesia. I give all my respects to him karena dia udah berhasil membawa angin segar dan suasana "baru" di dunia perdakwahan yang mungkin gw cuma tonton di hari-1 dan kedua Ramadhan aja. Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak yang (menurut gw) kurang bisa move on. Tiap tampil di tivi, sedih-sedihan. Hobinya flashback ketika ayahnya masih ada. Kemudian si anak perempuan terjun ke dunia tarik suara yang kentara banget dipaksakan dan pake embel-embel kehilangan ayahnya. Terus si Pipiek (istri ustad) juga menyatakan mau terjun ke dunia dakwah dengan membagikan pengalaman sedihnya sewaktu ditinggal ustad. Lah masa dari satu pesantren ke ratusan pesantren lain ngebahasnya itu-itu doang?

Yaudahlah, kan udah lewat. Ngapain dibahas lagi? Gw juga ngeliatnya sedih, beneran. Tapi bisa ngga sih ngebahas hal lain aja? Tempe mahal, rupiah melemah, IHSG anjlok, mobil Gazton Kastanyo terbakar di beberapa minggu menjelang pernikahannya dengan Julia Perez, Mulan menjenguk Dul, Apple ngeluarin iPhone murah, dan Ashanty bedaknya ketebelan tapi ngga pernah sadar. Begitu banyak topik yang betebaran di dunia ini, tapi kenapa saban hari ngebahasnya topik #RinduAyah mulu? Move on, Piek. :( Allah tidak suka ummatnya yang terlalu lama tenggelam dalam masa lalu. *courtesy: Roma Irama dalam film Berkelana*

Serupa halnya dengan Vena Melinjo si Ratu Salsa gedung DPR. Awalnya dia bilang, "Saya ngga akan ngebahas perceraian saya di publik karena hal ini merupakan ranah privat". Tapi kenyataan selanjutnya berbeda. Vena bongkar semua masalah rumah tangganya, sampe mungkin semua orang juga tau apa warna celana dalem suaminya. Dia bongkar pendapatan suaminya yang katanya cuma Rp 40 juta/bulan dan dirasa masih kurang. Yaolooo, tiap hari masak sayur oyong pake kuah berlian ni orang? Dia beberkan sifat buruk suaminya, dia bongkar semua, bongkar! Tapi yang jadi permasalahan gw sekarang, Nassar KDI kemana ya?
Ngilang dia? Udah ngelahirin belom? Ngilang gitu tuh orang. Dunia entertainment jadi 45% lebih straight tanpa dia... *sedih*

Minggu-minggu ini, hampir semua media ngebicarain soal kecelakaan si Doel di tol Cibubur yang menewaskan 5 orang penumpang mobil Gran Max. *Kenapa Gran Max rutin banget jadi korban kecelakaan ya? Momok banget tuh mobil lah.* Sebenernya berita Doel ini belum bisa masuk ke topik ngungkit-ngungkit gw sih. Tapi percayalah, beberapa bulan ke depan, media akan (masih) ngebicarain soal betapa sedihnya keluarga yang ditinggalkan korban dan polisi akan masih ribet ngurusin siapa yang bisa dijadiin tersangka. Semua diungkit-ungkit biar drama.

Lepas dari itu, banyak orang yang mempertanyakan kenapa Doel diperbolehkan menyetir mobil padahal belum cukup umur untuk memiliki SIM--yang hari gini anak umur 8 tahun juga sebenernya bisa punya SIM asalkan ada uang. Kalo menurut gw, ya itu haknya Doel untuk mempersiapkan masa depannya. You know, Republik Cinta mana tau bakal bangkrut. Yaaa, lagu-lagu terbitan Republik Cinta juga kan ngga ada yang berkembang, semua lagu dibuat mirip, lagu The Virgin mirip lagu Dewi-Dewi, lagu Alexa Keys mirip lagu Dewi-Dewi, lagu Mulan mirip lagu Dewi-Dewi, suara penyanyinya apalagi... Mirip semua. Gw ngerasa ngga ada yang salah dengan Dul bisa nyetir di umurnya dia yang belia ini. Itu kan bisa jadi back up karir masa depannya dia. Ngangkot, naksi? Sekolah Doel juga pasti ngga jelas. Jadi, bakal bisa apa dia selain kerja serabutan ketika semua harta ayahnya udah habis?

Yaudahlah, kan udah lewat. Ngapain dibahas lagi? Kalo temen udah minta maaf, yaudahlah maafin aja. Ngapain pake diinget yang jelek-jelek. Kecuali kalo kalian kebetulan lagi berantem sama Aurel Herminsyah. Yaudah, apa boleh buat. Mau sampe kapan pun juga, yang keinget ya bakal yang jelek-jelek aja. Maafin temen, ngga usah pake banyak syarat kayak promo pendaftaran tempat fitnes di mal.

Kalo ternyata nampak tidak bisa termaafkan, yaudah putuskan pertemanan tanpa embel-embel yang ribet. Lo jangan ngehubungin gw sampai kapan pun! Apus nomer gw dari buku telepon lo! <-- drama terjadi pada tahun 90an ketika buku telepon masih merupakan kebutuhan. Sign out lo dari tempat pilates gw biar kita ngga usah ketemu! Jangan sekali-kali lo lewat meja kerja gw! Lo benerin tuh pintu air Manggarai!! <-- lagi berantem sama Jokowi. Ngga usah ribet banget kayak gitu lah. Situ manusia apa kelurahan yang harus pake ribet dan proses berbulan-bulan cuma buat nerbitin e-KTP? Banyak orang yang pengen apa-apa serba instan, teknologi serba cepat, akses internet serba kilat, tapi untuk urusan hati aja lamanya kayak masak rendang pake kompor kayu bakar.

Kita sebagai temen temen juga ngga perlu keribetan ngurusin masalah orang lain... Ngomongin boleh, tapi kalo sampe ngurusin masalah orang lain, itu udah berlebihan. Temen abis kehilangan hape, ngga perlu ditanya sampe bertele-tele soal kapan kejadiannya, siapa pelakunya, hapenya beli berapa juta waktu itu, berapa banyak foto yang disimpen di hape itu, berapa ratus kenangan yang tersimpan di hape itu, sekarang mau beli hape yang kayak gimana lagi, nyesek atau ngga hape mahalnya ilang. Ngga perlu lah lebay kayak gitu.

Andai semua orang di sini bisa kayak Teh Rinai, istri tua (literally tua) AA Gymnasium. Dia orangnya nerimo, kalem, ngga banyak omong di media, ngga banyak bongkar-bongkar masalah pribadi, ngga pernah ngungkit-ngungkit rasa sakit hatinya terhadap istri muda AA walaupun secara penampilan Teh Rinai jelas kalah saing dengan  istri muda AA Gymnasium. Tapi kenapa sih kita ngga bisa kayak Teh Rinai? Dunia damaaai gitu rasanya. Ngga neko-neko orangnya, apa adanya, ke salon aja juga kayaknya ngga pernah, warna bajunya ngga pernah mencolok yang gw bisa pastikan di lemarinya cuma berisi pakaian monokrom berwarna tak lebih dari hitam dan abu-abu. Greeeeyyy gitu kayaknya dunia hiburan tiap ada liputan soal Teh Rinai. Sabar ya, Teh.... :( *mendoakan teteh sambil sisiran bareng Bella Saphireus di pinggiran danau penuh Piranha* *topik awal tulisan jadi kabur*

Sekian dulu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar