Sabtu, 05 Januari 2013

Kuno

Perempuan Dilarang Duduk Mengangkang Saat Dibonceng (kompas.com)

Jadi, perempuan di Aceh kalo mau diboncengin pake motor, duduknya harus nyamping kiri. Ngga boleh ngangkang, nyamping kanan, atau madep belakang. Katanya sih, karena tidak sesuai dengan budaya Aceh yang sudah berlaku sejak lama. Ada-ada saja. Mungkin nanti akan ada himbauan bagi kendaraan untuk tidak memfungsikan transmisi/gigi mundur karena Allah tidak suka manusia yang suka "kembali ke belakang" atau mengingat-ngingat masa lalu. Ya bisa saja. Pikiran orang (kolot) mana ada yang tahu.

 

Duduk nyamping. Susah deh, sumpah. Ngeri banget sumpah. <-- *udah pernah*. Di sisi pengemudi, akan sulit menjaga keseimbangan. Apalagi kalo nyetir motornya sambil ngetik SMS, duduk bersila, atau ngobrol pake hape dengan cara menyelipkan ponselnya ke sela-sela antara helm dan kuping. 

 

Duduk nyamping. Mungkin masih ngga lebih berbahaya naik otopet sambil sikap lilin dengan rute Jonggol-Cimahi. Gw pribadi, kalo ada yang minta nebeng, gw akan minta penumpangnya duduk ngangkang atau sekalian duduk di depan aja macam anak balita diajak muter-muter komplek sama bapaknya. Daripada duduk nyamping, keselamatan agak diragukan. Pokonya kalo tiba-tiba ada yang minta dibonceng gw dengan duduk nyamping, gw akan turunin di tengah jalan, baik cowo atau cewe. Kesibukan mikirin adat lama, akhirnya sampai mengesampingkan keselamatan.

 

 Working women. Kekinian, kebutuhan, atau Melanggar Kekunoan?

 

Dulu, pas jaman gw kuliah, mungkin sekitar 1800 tahun sebelum masehi, ada temen gw, sebutlah namanya Android. Dia selalu lantang ngomong "Perempuan ya ngga boleh bekerja! Karena, gw mau istri gw nanti selalu ada di rumah, siap ngelayanin gw, tiap gw kecapean pulang kantor". Tiap ngebahas soal wanita bekerja, dia selalu dengan tegas menyatakan keberatannya seperti itu. Kisah nyata lho, tweeps. Gw juga heran ada orang dengan pemikiran seperti itu. Mendingan si Android piara kucing aja ya. Dikandangin, terus kalo pulang kerja dan merasa stres, bisa main-main sama kucingnya. Lebih ngga ngorbanin perasaan orang kan? Dosanya mungkin lebih sedikit.

 

Tapi apapun itu, gw berharap sekarang si Android udah jadi manager atau direktur di perusahaan terkemuka. Karena kalau tidak, susah cyin. Biaya sekolah mahal. Harga tas naik tiap tahun. Harga apartemen naik tiap hari Senin. Biaya parkir sekarang udah Rp 3000 per jam. TDL naik walau electricity di kota-kota besar masih byar-pet. Ongkos tol udah seharga 1 bungkus nasi rames pake telor dan tempe orek. Susah lah kalo istri ngga kerja. Kecuali kalo yey orang tajir.

 

"Pokonya setelah SMP, gw ngga akan ngelanjutin ke SMA. Buang-buang duit aja! Perempuan mah ujung-ujungnya juga di dapur doang!" -Siti Maesaroh, temen SD gw, diungkapkan ketika lagi pinjem-pinjeman sisir di mushola sekolah- Cita-cita: menjadi ibu rumah tangga. Sungguh cita-cita yang mulia. Walau akan lebih mulia dan makin gress lagi kalo titelnya ditambahkan jadi ibu rumah tangga yang berpendidikan dan berkarir.  

 

Tapi apapun itu, gw berharap kalo Siti Maesaroh sekarang udah ngubah namanya menjadi Cindy atau Jessica. Ya apalah arti sebuah nama, selama itu bukan Siti Maesaroh. Ok bye. Love you.

 

Siapa yang ngga tau kasus Bupati suatu daerah di Jawa Barat dengan nama Aseng Dicky? Saking masifnya pemberitaan, gw sampe yakin kalo kabar soal pernikahan fenomenalnya Aseng juga ditayangin di channel Space Toon. 

 

Aseng. Dicemooh karena ulah kejamnya dengan menikahi gadis belia selama 4 hari saja. Macam frekwensi ganti celana dalem gw, 4 hari sekali. 

 

Yang mau gw bahas di sini adalah soal Aseng, istri Aseng, dan gadis belia yang dinikahi Aseng selama 96 jam itu.  Jadi, istri pertamanya Aseng ternyata memang sudah mengetahui soal pernikahan Aseng dengan gadis belia itu. Dan, istri pertamanya (dengan secara menakjubkan) mengijinkan! Mungkin kalo Aseng ijin mau ganti kelamin juga bakal dibolehin sama istri pertamanya kali. Ngga pedulian atau takut dicerai? Ya kalo sampe dicerai juga, istrinya mau makan apa? Tinggal di mana? Karena setahu gw, istrinya Aseng memang tidak bekerja dan tidak berpenghasilan. Repot yes?

 

Beberapa minggu lalu, gw juga liat pemberitaan soal pejabat negara yang menikah dengan istri kedua dan melupakan istri pertamanya sampai sang istri pertama musti tidur di halaman rumah dengan hanya beratapkan terpal. Sang istri ngga tau lagi mau tinggal di mana karena diusir oleh sang suami. Dasar laki-laki!

 

Gw ngga mau menakutkan kalian, tapi alangkah lebih "aman"nya kalo kita (sebagai istri), *KITAAA?* juga punya pegangan; pendidikan dan karir. Jadi kalo suami kita ngelempar petasan, kita bisa bales dengan ngegelindingin granat ke tempat suami kita berpijak. *KITAAA?* Lihatlah si Halimah, terserah deh lo mau nikahin Mayang! Pokoknya kita cerai kalau sampai gw dimadu! Gw bisa hidup tanpa lo karena punya bisnis dan mampu menghasilkan sendiri.

 

Nyokap gw juga dulu begitu. Tiap berantem sama bokap, dia bisa lebih lantang dan sering banget ngancam cerai sambil tepuk-tepuk dada dengan bilang "AKU BISA HIDUP SENDIRI, AKU BISA!! TAPI URUS ANAK KAMU SI RHINO ITU YA! AKU NGGA MAU! DASAR ANAK TIDAK ADA FUNGSINYA!! KERJANYA TIDUR, MAKAN, DANDAN, TIDUR, MAKAN, DANDAN!! *terlalu buka aib* Pokonya kalo bokap dan nyokap gw berantem, keramik di lantai rumah bakal pada pecah karena nyokap gw lebih suka marah-marah dengan ngelempar dan ngebanting-bantingin ulekan, bukannya piring, saking ngerasa powerfullnya. Sampe sekarang, lantai rumah gw jadinya pake aspal dan sebagian dilapisi beton aja biar kuat.

 

Baiklah. Jadinya gw seperti menggambarkan wanita yang punya karir akan gampang minta cerai, ya? Sebenernya bukan gitu. Namun, tiap ada masalah atau perdebatan, kan akan lebih enak kalo posisi orang-orang yang berdebat itu "sama tinggi". Jadi penyelesaian masalah ngga akan berdasarkan atas siapa yang bisa direndahkan dan diremehkan. Perlombaan aja contohnya. Kan kalo balapan mobil, ya mobil aja yang boleh ikutan. Perlombaan sepeda, ya bajaj ngga boleh ikutan. Semua diseragamkan agar tidak ada yang merasa dirugikan karena bajaj sudah pasti lebih cepat dari sepeda.

 

Wanita bekerja. Itu pilihan. Banyak temen gw yang sekarang berkeluarga tapi kegiatannya jadi ibu rumah tangga aja. Tapi toh mereka semua berpendidikan. Ngga nge-set dirinya dari SD untuk jadi ibu rumah tangga aja dan males memperkaya diri. Sebagian memang memilih jadi IRT karena anaknya masih terlalu kecil untuk ditinggal. Jadi pasti mereka tetap punya pikiran untuk berkarir dan berkarya ketika anaknya sudah besar nanti.

 

Terus gw jadi bingung mau bikin kesimpulannya gimana. -__- Intinya sih, jangan kuno-kuno amat lah jadi orang. Ngga asik kalo udah jamannya ngirim-ngirim pesan pake watsapp, kalian masih suka tukar-tukar pikiran pake burung merpati atau kirim-kiriman ide lewat mimpi.

 

Selebihnya, plis Aurel. Kalo mau tampil di tivi, jangan pake tanktop lagi. Kulit udah macam bocah hobi ngejar layangan gitu, pake segala pamer ketek! Gw ngeliatnya juga iba. Jangan lagi ya, Rel. Pake baju besi atau baju mumi sekalian aja lah biar ngga ngerusak mata penonton.

 

Sampai jumpa! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar