Rabu, 19 Desember 2012

Kamu, Udah Tau Mau Ngapain?

Kemaren (19-12-12), gw nonton rerunnya Asia's Next Top Model dan sangat disayangkan, akhirnya wakil dari Indonesia, Filantropi, musti keluar dari arena. Rasanya kecewaaaa banget gw... *lah siapa gw* *pernah minjemin foundation aja ngga* Tapi kalo mau diprediksi, si Filantropi ini emang semacam tinggal menghitung hari doang buat dieliminasi. Semuanya, kecuali yang juara I, juga tinggal menghitung hari buat dieliminasi sih, tapi entah kenapa gw ngerasa kalo Filantropi memang bakal keluar cepet. Kenapa? Karena dia kaku. Dari awal dia ngga pernah dapet sorotan. Sekalinya dapet, pas lagi di penampilan terjeleknya. Apes. Kalo dia pose, kaku banget, semacam bukan model. Dari episode ke episode, makin keliatan bahwa Filantropi ini blank, ngga tau mau ngapain di ajang Asia's Next Top Model. Ngga tau lagi gimana caranya ngeluarin kelebihannya dia di acara itu. Gw jadi curiga kalo dia malah ngga tau kapasitas dirinya sendiri dan bagaimana cara mengembangkannya. Terakhir dia disuruh pose seksi, jatuhnya malah seperti ekspresi Naruto lagi nahan pipis. Akhirnya keluar deh. Ngga perlu lah kayaknya kita mempertanyakan soal kenapa Filantropi yang maju ke ANTM dan bukan orang lain, yang mungkin lebih kompeten. Memang rejekinya Filantropi aja bisa masuk ke sana. Abis, mau mengharapkan siapa lagi kira-kira? Tina Teen?

Tina Teen. Muncul pertama kali di tivi gw taun 1998 dengan lagunya Bool-boolnya. Yah, gimana ya. Dia muncul di saat Indonesia lagi berduka, Rupiah dihantam krisis, Semanggi abis dijajah mahasiswa di taun sebelumnya, ruko Pak Ahong dijarah maling berkedok ibu-ibu, dan Mal Klender dibakar massa. Terus, sekonyong-konyong Tina Teen muncul dengan goyang kepala edek-edeknya di mana gw ngga tahu yang mana kepala, mana perut, dan mana paha, semuanya seukuran. Pertama liat video klipnya, gw kirain lagi ada iklan kornet karena isi videonya kok daging semua... Eh ternyata video klip musik anak-anak.

Kemunculan Tina Teen di tahun 1998 semacam makin membawa penderitaan bagi masyarakat Indonesia. Gw bahkan pernah curiga kalo naiknya harga beras (kelangkaan beras) pada tahun 1998 diakibatkan oleh keluarga Tina Teen yang memborong semua gudang beras di Indonesia untuk konsumsi perut Tina pribadi. Lagian, badan kok perut semua begitu? Sempet juga gw mempertanyakan ke tuhan, "Ya Tuhan, kenapa ngga dia aja yang dijarah massa pada tahun 1997?". Tapi kemudian gw tersadar, siapa yang berniat menculik Tina ketika semua masyarakat paham bahwasanya harga 1 kardus Indomie terasa lebih bernilai dibanding seonggok daging yang gemar goyang-goyang leher macam agar-agar kebanyakan air itu? Tiap lagunya diputer di tivi dan pas sampe di lirik "Mama sayang aku, papa juga sayang aku, nenek apalagi, kakek juga sayang aku...", rasanya gw pengen marah-marah di depan tivi dengan teriak: "ADA GW!! ADA GW YANG NGGA SAYANG SAMA LO!! GW BENCI!! ADA GW!!"

Atau bagian: "Cantiknya memang cantik, manisnya memang manis, semua sukaaa..." Rasanya pengen teraik di depan mukanya: "ADA GW!! ADA GW YANG NGGA SUKA SAMA LO!!" *agak susah emang kalo udah dibawa personal*

14 tahun berikutnya... Tina Teen mendadak jadi bahan omongan karena tampil di majalah pria dewasa dengan foto syurrr... Syur banget memang, walau pipi chubby-nya agak mengganggu. Hak semua orang untuk berkarya sih. Tapi, Tina Teen ini seperti susah fokus. Bikin single, belum juga singlenya laris, dia pindah  aliran dengan ngebentuk girlband. Belum mantep dengan grilbandnya dan nampak ogah-ogahan ngelanjutin karir girlbandnya, lalu dia tampil dengan foto syur di majalah dewasa. Tampang di fotonya pun seperti ngga fokus mau apa dan ngga ngerti musti bagaimana bertampang seksi. Ngga mengerti kapasitas diri lagi kasusnya. Semuanya dilakukan dengan tabrak-lari. Satu belum kelar, udah pindah ke satunya. Satunya baru dimulai, udah mulai hal lain yang baru lagi. Kapan kelarnya? Belum tau juga apakah karir sebagai model majalah dewasanya akan dilanjutkan atau ngga. Tapi kalo bisa ngasih saran, mungkin mbak Tina bisa coba jualan pulsa atau Blackberry di Glodok dan Mangga Dua aja. Mungkin akan berhasil kalo berkarya di sana. Tampang, sesuai. Cerewet, pas banget. Bakat usaha? Yaaa belum tau kalau belum dicoba lah.

Cukup tentang Tina *jorokin Tina ke kolam buaya*, sekarang kita bahas soal yang lain. AA Gatot Brojol Mesti. Jadi setelah nonton ANTM itu, gw langsung ganti channel tivi ke acara Mata Najwa di Metro Tv yang membahas soal kisruh perfilman Indonesia. Jadi, Brojol Mesti ini adalah Ketua Parfi (Persatuan Film Indonesia?) dan Dewan Pengarah FFI, ajang kompetisi perfilman Indonesia yang bergengsi hingga pada tahun 2006, film Ekskul dinobatkan sebagai film terbaik. Sekedar pengingat, kualitas film Ekskul bisa dikatakan sangat jauh di bawah kualitas film Suster Keramas.

Keberadaan AA Brojol Mesti di Parfi dan FFI memang pantas dipertanyakan. Lah, peran dia di dunia seni apaan? Terakhir dia muncul di tivi cuma karena penyanyi Reza yang mau cerai dengan suaminya. AA Brojol ini memang semacam penasihat spiritual para artis lah. Favoritnya para artis untuk konsultasi spiritual. Jadi mungkin karena sering berhubungan dengan artis, menjadikan AA layak menjabat posisi Ketua Parfi. Bah! Aji Jeje juga bisa kalo gitu mah. "Bang, idung Krisdayanti ya..."

Di acara Mata Najwa kemaren, si AA Brojol Mesti ini ditanya oleh Najwa soal "Apa masalah FFI saat ini?" Dan AA menjawab "Piala FFI saat ini hanya dari plastik biasa. Saya ingin piala FFI dilapisi emas". Lah. Gigi lu emas! Sekalian aja lu bilang karpet di gedung yang digunakan untuk penyelenggaraan FFI di tahun 2012 banyak kutunya. Yey artis atau tukang sablon, pake ngurusin yang begitu-gituan?

Lalu si AA pun menjelaskan bahwa posisinya dia di Parfi dan FFI sesungguhnya merupakan anugerah tuhan. Ya benar. Apapun yang terjadi di dunia ini merupakan anugerah dan kuasa tuhan. Cuma masalahnya, mampu ngga kita memanfaatkan anugerah yang dikasih tuhan itu? Mungkin kan, tuhan ngasih suatu anugerah ke manusia buat dijadikan pembelajaran atau ujian seberapa mampu kita memanfaatkan anugerah yang dikasih tuhan ke kita itu. Kalo ngerasa ngga mampu dan malah membuat semuanya berantakan, ya secepatnya keluar. Jangan maksain berada di tempat yang kita ngga paham musti ngapain di dalamnya dan menyalahgunakan anugerah tuhan yang dikasih ke kita. Nyusahin orang lain juga jadinya.

Kalo para pemirsa di sini, gimana? Udah paham dengan kapasitas diri sendiri, belum? Bangun pagi, kerja, atau kuliah, udah dilakukan dengan ikhlas dan sesuai keinginan, belum? Ngga ngerasa keberatan atau salah jalan sama sekali karena melakukan sesuatu yang ngga sesuai keinginan hati kita hingga membuat kita ngerasa ngga total dalam melakukan perkerjaan yang lagi kita cimpungi, kan? Gw juga sebenernya pernah merasakan hal itu. Sampai akhirnya gw join di salah satu MLM internasional di mana gw jadi tau apa tujuan hidup gw sebenernya. Gw bisa lebih ada waktu buat keluarga. Bisa ajak liburan mama, papa, mertua, anak terlantar, janda-janda tua, duda-duda keren, keliling dunia. Go Diamond!! *semakin ke belakang, semakin minta diabaikan blog ini*

Terimakasih sudah membaca ya, tweeps! Bagaimana topik dari tulisan kali ini? Menghibur, menambah pengetahuan, semakin meningkatkan kepercayaan diri para pembaca, atau bagaimana? Apapun itu, mudah-mudahan nyinyirnya selalu membekas ya...

Caw!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar